Saturday, November 8, 2014

Sepenggal Cerita dari Pemula (Trip Singapura - Malaysia)

Alhamdulillah pecah telor akhirnya jalan ke #Singapura dan #KualaLumpur dari 07 Oktober sd 11 Oktober 2014. Terimakasih banyak buat mba Elok dan smua member #BD yang sudah sharing pengalamannya di files #BD, sangat membantu sekali dalam petualangan saya di sana.

Ketika jalan sendirian kita akan banyak bertemu hal-hal unik, menarik dan mendebarkan. Jangan takut ketika tersesat jalan dan akhirnya muter-muter karena disitulah seninya, menikmati setiap saat perjalanan maka akan banyak hikmah didalamnya :D.

Walaupun sudah lengkap sekali petunjuk buat pemula di files BD, tetapi sebagai ucapan terimakasih saya ingin berbagi cerita sapa tau berguna juga buat pemula seperti saya yang ingin berpetualang keluar Negeri  (LN) tetapi masih khawatir  karena sendirian.

Jalan sendirian di dalam negeri memang sudah biasa tetapi ke LN ada kekhawatiran terutama “terkendala dana dan bahasa Inggris yang belepotan” (sudah 3x les privat tidak pinter-pinter L). Ketika diajak gabung oleh mba Ade Darwati di BD saya langsung buka files BD, unduh smua files yang diperlukan. Dimana sebelumnya  telah menetapkan tujuan awal akan pergi ke #Singapura dan #KualaLumpur dulu dan betapa senangnya ternyata 2 hal yg awalnya saya anggap kendala ternyata bukanlah penghalang.

Setelah menetapkan tujuan, focus hanya unduh dan print smua files tentang Singapura dan Kuala Lumpur kemudian pelajari dan pahami serta lakukan.

Total dana yang saya keluarkan sekitar Rp 2.207.460 dihitung dari Jkt-Sing-KL-Jkt (SGD = 9.600, MYR = 3.800, USD = 12.250) memang bukan waktu yang tepat ketika kurs rupiah melemah. Untuk tiket Bjm-Jkt PP jangan dihitung deh jarang banget ada tiket promo.

Teori sudah dipahami maka langkah selanjutnya adalah :

Pertama, membuat paspor di kantor imigrasi (siapkan KTP,KK,Akte/Ijazah,materai 6rb,copy & bawa asli).

Kedua, cari info tiket murah lewat online kemudian memesannya sesuai tanggal cuti. *bagusnya cari tiket murah dulu baru ajukan cuti kerja sesuai tanggal tiket* (Banjarmasin-Jakarta PP, Jakarta-Singapura, Kuala Lumpur-Jakarta: untuk menyakinkan dibantu Yessi Oktiana cek konfirmasi)

Ketiga, pesan tempat nginap lewat agoda via mba Darling agar dapat diskon lagi J.

Keempat, pesan tiket Singapura-Kuala Lumpur via online dibantu mas Rully suami mba Darling, (awalnya ingin naik kereta malam senandung sutera JB-KL tetapi tiket habis, akhirnya pesan bis Singapura-Kuala Lumpur).*kalo mau pesan tiket kereta jauh-jauh hari lagi*

Kelima, pergi ke money changer menukar rupiah ke SGD, MYR dan USD.

Keenam, menyiapkan smua bawaan (usahakan seringan mungkin agar tas tidak berat karena semakin ringan maka semakin mudah untuk bergerak juga tidak perlu masuk bagasi).

Ketujuh, siapkan diri dalam keadaan sehat karena akan banyak menyita tenaga juga pikiran karena pertama kali ke LN (belajar baca peta mrt, peta tempat wisata, dll). *seni*

Berangkat……

Banjarmasin-Jakarta : Selasa, 7 Oktober 2014
Waktu ditiket menyatakan berangkat jam 15.50 wita dan tiba jam 16.30 wib. Disini saya kelupaan memperhitungkan kalau akan terjadi delay akibat kabut asap. Kalau dihitung-hitung Penerbangan Jkt-Sing jam 19.40 wib sebenarnya ada waktu sekitar 3 jam sebelum penerbangan. Tetapi akibat delay saya harus buru-buru dari terminal 1C menuju terminal 2D. Tantangan awal dimulai, bus shuttle tidak mau berhenti walau sudah saya lambaikan tangan supaya berhenti. Supir Taxi pun langsung datang mendekat  menawarkan 50rb langsung ke terminal 2D, saya yang masih kebingungan akibat dicuekin bus shuttle hanya terdiam. Alhamdulillah ada orang baik yang langsung narik tas saya dan mengajak langsung masuk taxi, ternyata dia pernah dalam kondisi akibat mepet waktu ditinggalkan penerbangan jadi agak trauma ketika melihat saya. Saya mau bayar taxi tetapi dia menolak dan langsung membayar kesupir. Namanya mas Budi dia kerja di kedutaan Belanda dan kebetulan penerbangannya masih jam 12 pm jadi dia bantu saya dulu menuju terminal 2D dan menjelaskan tentang apa yang harus saya lakukan didalam (imigrasi), kalo kebetulan baca ini makasih banyak ya atas bantuannya :D.

Jakarta-Singapura : Selasa, 7 Oktober 2014
Tigerair tepat waktu berangkat jam 19.40 wib dan tiba di Changi jam 22.30 (terminal 2). Karena sudah tau bakal tiba malam maka saya sudah merencanakan untuk menginap di Changi (lumayan ga bayar hostel hehe), awalnya mau bawa sleeping bag tapi karena sempat baca beberapa postingan di BD ada yang dideportasi jadi agak khawatir kalo pas cek isi tas saya ntar malah ikut terdeportasi, akhirnya sebagai ganti bawa sarung tangan, kaos kaki dan syal (ketinggalan kupluk).

Ternyata Changi begitu mengagumkan, sambil nyari prayer room isi botol minuman yang sengaja saya bawa. Ambil buku panduan bandara, minta password wifi di cs sekalian tanya arah ke prayer room. Sekitar jam 2 am ada petugas datang saya langsung pegang tas mengira akan diusir keluar, ternyata saya disuruh tidur kembali, Alhamdulillah.

Singapura : Rabu, 8 Oktober 2014
Setelah shubuh, keluar liat Taman Ajaib akhirnya memutuskan untuk duduk dan buka bekal serta sarapan di sana sambil memperhatikan sekitar. Selesai sarapan, poto-poto donk hehehe (sengaja bawa tongsis). Tapi tidak puas kalo belom poto menyeluruh, akhirnya minta tolong ada ibu-ibu buat potoin seperti digambar, dia tidak bisa bahasa Inggris saya belepotan bahasa Inggris akhirnya kita pake bahasa masing-masing wkwkwkwk...

Turun kebawah bagian imigrasi kasih paspor, etapi kok malah disuruh balik *apa aq dideportasi?* ternyata saya salah masuk ke terminal 3 huahhhh… naik lagi keatas liat peta dan tanya orang mana terminal 2 (tetiba amnesia). Siap-siap ditanya petugas imigrasi, kenapa baru sekarang turun padahal telah tiba tadi malam? Pasang muka polos dan jawab “saya tersesat”, ini penerbangan pertama saya ke Singapura dan sendirian pula. Petugas hanya senyum masam, supaya lebih menyakinkan saya tanya lagi kemana arah MRT? Petugas yang dibelakangnya nahan ketawa. *yes berhasil bikin orang ketawa*

Beli kartu transportasi, awalnya ingin beli STP tapi dibilang sudah tidak ada lagi ya sudah beli yang ada saja EZ link bayar SGD 12.

Seumur hidup naik kereta api cuma pernah 3x, pertama waktu dari Bandung ke Jakarta, kedua dan ketiga Jakarta-Bogor PP, bingung melanda setelah sampai MRT walau sudah tau mau nuju kemana dan stop dimana. Daripada ragu tanya-tanya lah kalau ada petugas atau orang lewat yang dianggap bisa bahasa melayu. Tidak nemu yang bisa bahasa melayu, akhirnya belepotan tanya sambil menunjukkan kertas ditangan mau kemana. Siapkan peta, itin dan kamus kalau mereka tidak paham maksud yang ditanyakan.

Sampai tujuan Clarke Quay, tidak tau jalan nuju hostel tanya petugas. Petugasnya baik bener ibu-ibu gitu, nelponin hostel dan tanya arah kesana supaya saya bisa sampai dengan selamat.

Sampai Woke Home Capsule Hostel titip tas aja bolehnya. Jalan nyusuri kota nuju mosque Jamae ternyata masih tutup. Terus jalan ternyata sampingnya Chinatown, keliling deh sambil poto-poto trus masuk Sri Mariamman temple. Lapar, sarapan ronde dua ga ada tempat duduk, cuek ambil duduk diantara tiang depan temple makan bekal buah lengkeng (di Banjarmasin ga mungkin bisa kayak gini) ternyata ada om-om umur sekitar 50an nyamperin (hedeh gegara duduk dimuka jalankah?!) si om tanya kamu orang sini, saya jawab no dan langsung bilang sorry, I can’t speak English well dan silakan tanya orang lain kalo nyari jalan. Eh, dia malah cerita pernah ke Indonesia dan mengagumi Indonesia, ya om makasih. Ujung-ujungnya dia tanya saya makan apa dan pengen minta apa yang saya makan karna buah tersebut tidak ada di sini *gubrak*

Mesjid sudah buka mampir dan rehat bentar disana. Sudah siang cari maksi sambil nyusuri jalan nuju hostel, harusnya jalan lurus gegara liat orang-orang pada rame belok kanan ngikut dan ternyata tempat makan sepanjang China Street. Liat ada nasi padang, awalnya mau maksi nasi padang  tapi liat pelayan nyajiin salad jadi ngeces secara sayurnya sangat menggiurkan (Food Combiner), liat sih harga lumayan tapi kapan lagi ngerasain salad LN.

Selesai makan pulang nuju hostel, ternyata salah jalan etapi gegara tersesat jadi bertemu dengan bangunan-bangunan mengagumkan, nikmatin bentar ketersesatan trus baru tanya orang dimana Clarke Quay. (orang Singapura baik smua, mas ganteng, mba cantik, ibu-ibu, bapak-bapak ketika ditanya menjelaskan secara detail).

Sampai hostel, cek in, mandi dan wa dengan temen grup FCI yang tinggal di Singapura minta arahan bagusnya kemana aja yang jalannya searah, janjian ketemu di Orchard jam 07.30pm. (itinary bisa berubah sesuai sikon).

Akhirnya ambil MRT nuju Raffles Place. Spoiler for Raffles Landing Site, duduk bentar mengagumi trus poto-poto. Mau ke Merlion Park tidak tau jalan tanya orang lewat, mba-mba cantik nunjukin arahnya sembari ngajak karena searah, dia berhenti di bus stop saya disuruh terus saja dan nanti turun kebawah katanya, saat itulah ketemu member BD dan ngekor di belakangnya. Mengagumi Merlion Park, poto-poto sepuasnya trus duduk menikmati pemandangan sambil ngudap bekal. Perubahan sore ke senja sangat cantik abadikan kembali, ingat janji jam 07.30pm di Orchard bawain pesenannya.

Tanya member BD yang tadi diekori dimana Esplanade, ternyata diatas trus dia bilang jalan aja sepanjang Esplanade trus ketemu ntar Helix Bridge menyusuri sungai sampai Marina Bay di seberang Merlion Park. Tanpa mikir berapa kilometer yang ditempuh karena terlihat dekat dari seberang ternyata eh ternyata berkilo-kilometer *phiuuuh*.

Tapi memang lebih asik dinikmati dengan jalan kaki, ketemu turis Indonesia ketika  poto-poto di depan Esplanade Theatres on the bay trus dia potoin saya sepuasnya karena mereka terkaget-kaget saya jalan sendirian. Lanjut menyusuri marina promenade, the float marina bay, sampai di Helix Bridge yang menawan rehat bentar sambil poto-poto. Lanjut art science museum, Garden by the bay dan dimana MRT? “tersesat kembali” nanya orang lewat tidak tau karna turis juga, wakkkk….. liat jam sudah lewat jam 7, setelah muter-muter nemu juga jalan nuju MRT.

Sampai Orchard sudah hampir jam 9 , laperrrr… ketemu juga dengan temen grup sebelah, makan kebab versi Food Combining, ngobrol sambil diajarinnya baca peta dsb trus dianterin doi dan suaminya ke hostel.
Sampai hostel kaki sudah bertelor, bobok….

Catatan : buat yang tidak ada janji, mending habiskan waktu di Marina bay aja nikmatin keindahan malam di sana. Ke Orchard besoknya aja. Jaga badan biar tidak kelelahan, ntar malah tidak nikmatin.

Singapura : Kamis, 9 Oktober 2014
Cek out Hostel, nitip tas dan nanya cara nuju terminal bus ke Kuala Lumpur di Mile Complex ntar malam.
Kaki masih bertelor jalan ke MRT nuju Harbor Front tujuan Sentosa Express, Spoiler for Bola Dunia Universal Studios Singapore. Sampai Vivocity, bisa beli bekal di food court Food Republic trus naik sentosa express. Ketemu turis Indonesia minta poto-poto di depan Bola Dunia, keliling di Sentosa Island, buka bekal maksi di taman.

Balik MRT nuju Bugis Junction belanja buah buat bekal sarapan besok trus ke Sultan Mosque. Makmal kesorean di RM Maimunah.  Sudah 2 hari di Singapura mulai pinter baca peta MRT, jadi pengen ngerasain naik bis secara ada bus stop depan hostel. Nanya  sama 3 orang ibu yang lagi makan bagaimana caranya naik bis dari Bugis nuju Clarke Quay. Salah seorang langsung buka smartphonenya dan jelasin saya harus ke bus stop sebelum mesjid kemudian naik bis no 93 setelah 6 stop baru turun di Boat Quay. Harus punya uang kecil kalau tidak ntar dimarahin supir Bus dan tidak ada uang kembalian,  saya diminta tukar dulu sama kasir RM, nunggu si kasir lagi ke dalam saya duduk kembali. Tiba-tiba 3 Ibu tersebut kasih recehan sebanyak SGD 1.5, saya kira mau nukerin ternyata dikasih gratis, owh….. baik banget, makasih ya bu :D. Sebenarnya naik bis bisa pake kartu transportasi, tetapi karena isinya sudah habis jadi pake uang aja secara ntar malam mau ke KL juga.

Lupa nanya bus stop sebelum mesjidnya belok kemana, ambil belok kanan liat di papan bus stop tidak ada bus 93???!! Jalan balik nanya sama mba-mba cuma minta tunjukkan arah saja tapi dia anterin sampai nuju bus stop terdekat, ternyata bus 93 tidak ada juga disana. Dia cek di smartphone ternyata  bisa pake bus 145 atau bus 93 dan naiknya di bus stop yang lainnya, dianterinnya lagi ternyata ngelewatin RM tadi dan belok kiri. *tuing-tuing*

Mba nya nungguin saya sampai naik bus padahal sudah saya persilakan dia kalau mau pergi, cek smartphonenya masih sekitar 10’ bus 145 datang, kita ngobrol dia cerita pernah ke Indonesia Jakarta, Bandung dan Puncak. Ternyata dia seorang guru, kita ngobrol lagi tentang pendidikan di Singapura, saya bilang kagum dengan orang-orang Singapura, karena selama disini smuanya baik-baik mau ngeladeni pertanyaan-pertanyaan saya. Juga kagum dengan keteraturan, kerapian, kedisiplinan dan kebersihan negaranya. Bus 145 datang saya langsung nuju tempat duduk, pintu bus masih terbuka saya dipanggil si mba dan supir untuk masukin uang dulu *wkwkwkkw*  bayar SGD 1,3, dadah dadah…. Makasih banyak :D.

Sampai hostel tuker duit receh cuma ada SGD 1 aja tidak ada yang lebih kecil, ambil tas jalan ke terminal bus stop di atas MRT Clarke Quay, liat papan petunjuk berapa banyak stop, masih bingung tanya mba cantik dia ngitung ada 11 bus stop bayar SGD 1,9 naik bus 961. Lagi ngitung recehan mau nuker ke  mba cantik eh bus sudah keburu datang, saya bilang Mile Complex supir jawab SGD 1,3, *wakkk* si supir lagi marahin bule yang kemungkinan nanya bus stop, ya sudah masukin aja receh SGD 2 langsung nyari tempat duduk. Mikir kalo cuma SGD 1.3 tidak mungkin sampai 11 stop, beranikan diri datangin supir bicara sehalus mungkin pake inggris belepotanku untuk diturunin di bus stop Mile Complex. Eh, si supir senyum dan bilang ok. *lega* ternyata benar cuma sekitar 5 atau 6 bus stop sudah sampai.

Bingung melanda dimanakah terminalnya… nanya mba cantik yang lagi nunggu bus, dia tidak terlalu paham tetapi menyarankan saya untuk menyeberang jalan lewat jembatan penyeberangan karena disana banyak travel yang jual tiket online dan cari no travel sesuai tiket ditangan saya. Akhirnya ketemu dan saya disuruh tunggu di ruangan mereka sampai nanti bus datang.

Ke toilet bersihin muka dan BAK trus rehat sampai tertidur di ruang tunggu travel, jam 10 pm kurang dibangunin pegawai travel untuk naik bus. Kondisi bus yang saya tumpangi dibanding bus lain termasuk biasa saja karena ambil tiket paling murah SGD 19,8, tetapi ditempat duduknya ada sandaran kaki yang bisa dinaikin dan sandaran belakang bisa diturunin jadi deh tempat tidur (seingatku di Indonesia belom pernah naik bus seperti ini).

Singapura – Kuala Lumpur : 10 oktober 2014
Tidak tau jam berapa dibangunin supir dan penumpang lain untuk turun lapor imigrasi keluar Singapura, hanya bawa paspor, pada lari-lari nuju antrian. Saya jalan saja karena masih setengah tersadar  ambil antrian kasih paspor, petugas ambil potongan isian kartu imigrasi, paspor distempel keluar kembali ke bus.

Masuk bus melanjutkan tidur, beberapa saat dibangunin lagi untuk lapor imigrasi kedatangan di Kuala Lumpur, bawa semua tas dan paspor, ambil antrian kasih paspor kepetugas imigrasi. *petugasnya ganteng dan dia nanya sambil becanda, batal ngantuk xixixi*

Sekitar jam 4 am saya dibangunin telah sampai di bus stop Bukit Bintang. Ternyata ada beberapa orang juga yang turun disini. Antara sadar dan tidak beberapa supir taksi berebut mau anterin penumpang, tetapi tentunya dengan harga yang mahal. Duduk bentar dulu ngucek-ngucek mata dan menyadarkan diri.

Setelah kesadaran penuh, nyari orang buat ditanya jalan menuju ke Bukit Bintang di jalan changkang. Nanya mas-mas cakep perlihatkan alamatnya, dia bilang itu jauh saya harus naik monorail jam 6 am ntar, *lho kok* nanya lagi dimana toilet, dia antarin toiletnya ada di dalam rumah makan, sebelum sampai RM dia bertemu teman-temannya yang lagi mabok *deg-degan, berdoa* dia kasih sebotol minuman ketemennya dan bilang lagi nolong saya anterin ke toilet. Sampai RM masuk kedalam dia tunjukin toiletnya trus bilang ntar dia tunggu diluar. BAK, cuci muka dan beberes sambil berdoa.

Keluar RM liat ada beberapa orang lagi pada mabok dan ada juga yang  tidur di emperan, si mas nya lagi ngobrol sama temennya yang tadi, dia liat saya dan menjelaskan kembali ntar jam 6 am saya disuruh naik ke atas trus naik monorail tujuan Bukit Bintang, sekarang tunggu saja di bus stop. Ok, terimakasih banyak.

Duduk didekat bus stop, datang seseorang duduk juga dan ternyata penumpang sebus yang mau ke bukit bintang juga, dia dari Filipina dan ingat saya sebus. Sambil nunggu pagi dia ajak ngobrol, duh… nyesek deh inggrisku jelek jadi obrolan terpotong-potong, dia paham aja dg kondisiku. Dia cerita pernah ke Indonesia juga dan suka dengan Indonesia. Saya bilang coba ada Mesjid dekat sini ya, kita kan bisa rehat disana. Dia langsung bilang saya bukan muslim, saya jawab tidak masalah. Dia kaget, emang boleh? Dia jadi ngeluarin pendapatnya tentang muslim Indonesia. Huahh, dengan inggris belepotan saya jelaskan Islam sebenarnya itu cinta damai bukan teroris dan anti kekerasan. Dia manggut-manggut dan langsung berdiri, saya kaget dan pikir dia mau pergi ninggalin saya, eh ternyata dia mau ke 7 eleven nanya pegawai dimana masjid terdekat.

Dia balik lagi dan bilang Mesjid jauh dari sini, kita ngobrol lagi tapi lebih banyak dia yang bicara sih (pulang Indonesia les lagi deh), saya paham apa yang dia ceritakan tentang negaranya, pekerjaannya dsb. Dari jauh saya liat ada pisang di 7 eleven dan berpikir kemungkinan ada buah lain lagi tidak dijual disana. Saya tanya dia, trus dia ajak ke 7 eleven. Pegawainya bisa bahasa melayu, trus saya tanya lagi dimana Mesjid terdekat dan dia bilang jauh, saya cerita mau ke Bukit Bintang dan nunggu jam 6 am buat naik monorail. Si pegawai kaget dan bilang Bukit Bintang kan dibelakang, wakkk…. Bisa jalan kaki kah kesana, iya kalau kuat. Saya tunjukin alamat hostel dia bilang naik aja ntar juga nemu.

Akhirnya kita jalan nuju Bukit Bintang, ketemu bus stop belok kiri tapi bingung jalan kemana lagi, saya tidak pegang peta jalan (masih kurang persiapan nih). Lagi bingung saya liat ada mobil polisi, kami samperin dan bertanya alamat sambil tunjukin prinan bookingan hostel. Pak polisi jelasin secara detail jalan besar dan jalan tikus nuju alamat kami.

Sampai Bukit Bintang agak kaget liat banyak yang lagi “nampang” sepanjang jalan, bingung mau belok kemana nanya sama beberapa orang muda yang lagi pasang peralatan musiknya dipinggir jalan, dia jelasin arah secara detail nuju alamat kami. Sebenarnya saya pengen nongkrong disana liat mereka main music, tetapi…  Akhirnya sampai pertigaan belok kiri jalan thangkat tujuan teman Filipina, lurus saja jalan changkat tujuan hostelku, kita pisah disana.

Sampai hostel agak tidak enak hati bangunin orang, tempatnya terkunci dan ada tulisan buka jam 08 am. Nekad tekan bel, nunggu beberapa saat datang seorang perempuan jelasin saya balik lagi jam 2 pm untuk cek in, tas dan prinan booking saya dia ambil.

Turun kembali dan ingat tadi ada melewati toko buah, mampir disana beli beberapa buah buat bekal ke Genting. Sambil nunggu kembalian uang, nanya jalan nuju monorail ke KL sentral. Sampai monorail samperin tempat beli kartu transportasi ke KL Sentral, nah di Malaysia bentuknya seperti koin sekali jalan saja.

Tidak ada peta ditangan memang jadi menyusahkan, nanya orang dimana monorail menuju KL sentral ternyata harus nyebrang tangga. Sampai sebrang nanya lagi benarkah disini monorail ke KL Sentral dengan mba manis, kebetulan dia juga mau ke KL sentral jadi saya ngekor. Sampai KL sentral saya nanya dia lagi dimana toilet, dia tunjukin arahnya .

Setelah melakukan ritual pagi hari dan dandan seperlunya siap berangkat nuju Genting, etapi saya harus kemana nyari tempat bus nuju Genting?? Syukur ada petugas, nanya bagaimana cara nuju genting, dia bilang naik bis diluar. Sempet muter-muter dulu, nanya sana-sini banyak yang tidak tau sampai akhirnya ada orang yang tau, ternyata harus keluar trus turun lagi.

Sebelum sampai loket tiket dicegat supir taksi yang menawarkan untuk membawa ke Genting, untuk menghargai saya tanya berapa? MYR 100. Hah?!! Mihillll… dari Indonesia cuma bawa 100 ringgit, setelah beli buah tadi sisa MYR 97.

Beli tiket bus ke Genting seharga MYR 10.30, jam 09 am berangkat, sambil nunggu buka bekal sarapan dulu. Jam 09 am supir mempersilakan penumpang naik cari tempat duduk sesuai tiket, karena masih ngantuk tidak terasa tertidur selama perjalanan. Taunya sudah sampai ketika penumpang pada turun, perkiraan perjalanan sekitar 1.5 jam.

Dingin pegunungan sudah terasa dikulit, telinga mendengar ada yang berbicara bahasa Indonesia. Kenalan dengan sebuah keluarga yang sedang liburan ke KL pertama kalinya juga. Sambil jalan keatas kita pada ngeluarin tiket dan mereka bertanya kenapa tiket saya cuma satu karena mereka belinya PP, kaget juga gimana saya bisa pulang. Ada mba cantik yang dengar dia menghampiri saya dan bilang nanti beli saja dibawah, (mba ini yang saya kasih tempat duduk ketika nunggu bus).

Naik kereta gantung, melihat pegunungan dan menikmati keindahannya sambil tetep jeprat jepret. Sampai seberang, keliling-keliling lagi trus duduk di taman sambil menikmati aroma pegunungan buka bekal sarapan ronde kedua.

Karena tadi saya cuma beli tiket sekali jalan, jadi beli tiket kereta gantung dulu buat nyebrang, sampai seberang beli tiket bus kembali ke KL sentral. Nunggu bus jam 2 pm sambil makan sisa bekal.

Sampai KL sentral naik lantai paling atas nyari makan dulu, ketemu RM Indonesia. Selesai makan trus ke Surau rehat bentar dan balik monorail ke Bukit Bintang. Mau beli tiket monorail sama petugas malah disuruh beli di mesin, Alhamdulillah ada yang liat saya bingung dan bantuin, dia turis juga dari Sri Langka tetapi sudah beberapa kali ke Malaysia jadi paham caranya. Kita naik monorail yang sama Cuma beda 1 stop aja. Di dalam monorail ketemu temannya orang Malaysia, kita asik ngobrol ngalor ngidul temennya yang terjemahin maksud kita bila ada yang kurang paham. Intinya mereka kaget saya jalan sendirian pertama kali ke LN.

Turun monorail melewati money changer tukerin USD 10 ke ringgit dulu khawatir kurang karena saya kurang memperhitungkan pesawat besok pagi jam 07.40 am menuju Jakarta, bisa kemungkinan naik taksi karena monorail baru buka jam 6 dan itu tidak keburu untuk sampai bandara.

Sampai hostel sudah sore, cek in, tanya berapa taksi kebandara ternyata MYR 100… mandi dulu sambil mikir gimana berhemat tapi selamat sampai bandara. Ingat mba Maya Hawai pernah komentar di postingan silakan bertanya langsung bila bingung. Inbox dia, tanya solusi lain supaya sampai bandara dengan berhemat. Dia saranin naik taksi ke KL sentral aja sekitar jam 03 am dengan harga sekitar MYR 20, trus naik bus ke KLIA2. Nanya orang hostel kalau taksi ke KL Sentral aja berapa? MYR 25, ya sudah saya pesan dan minta bangunin ntar jam 03 am.

Catatan : untuk berhemat lagi tidak usah pesan hostel kalau cuma sehari ini, cukup titip tas di KL Sentral Simpan tas di locker storage bayar MYR 5-10 tergantung ukuran loker. Malamnya ambil dan langsung ke bandara, rehat dibandara sampai penerbangan.

Tujuan berikut ke twin tower, naik bus GO KL gratis ( green line). Naik di simpang bukit bintang, kawasan AIN Arabia, tunggu di bus stopnya. Lumayan juga nunggu bus datang, turun di bus stop terakhir KLCC.
Nikamati pemandangan, jeprat jepret pake tongsis tidak puas rasanya, minta tolong sesama turis kali ini datangin 3 orang mas-mas Chinese. Dia pinter ngambil gambarnya bisa terliat saya dan twin towernya, dia juga baik tanya dulu sudah sesuai keinginankukah gambarnya kalau tidak dia akan ganti posisi pengambilan gambar, makasih :D.

Laperrr… jalan kaki ke jalan Ampang nyari tempat makan rekomendasi member BD Nasi Kandar Pelita. Balik ke bus stop Twin Tower naik bus GO KL lagi kembali ke Bukit Bintang. Kaki rasanya sudah pegel banget tambah telornya tapi tetap menikmati sepanjang jalan Bukit Bintang menuju Hostel.

Jam 3 am dibangunin orang Hostel, cuss ke KL Sentral naik bus nuju KLIA2 MYR 10. Sampai  KLIA tanya petugas tempat cek in.

Kembali ke Indonesia. Aku Cinta Indonesia….

Catatan :
Karena pola makan saya adalah Food Combining jadi supaya tetap sehat dan juga hemat maka saya ambil padu padan Pati + Sayuran + Nabati, no Protein Hewani. Buat sarapan saya beli buah-buahan yang ada diskonan tetapi tetap segar. Isi air minum di Tap Water di singapura (gratis + bisa buat minum).