Sunday, November 23, 2014

Contoh Menu Food Combining

Banyak yang masih bingung gimana menyiapkan #MenuFoodCombining, padahal kalau mempelajari juklaknya secara rinci dan benar malah pola makan ini bener-bener gampang dilakukan. Karna menunya ya makanan sehari-hari kita, cuma padu padannya aja yang mesti kita siasati agar tetep sehat.

Nah lewat tulisan ini saya coba contohkan beberapa menu FC dan urutannya.

1. Bangun tidur ketika mulut masih kering, kasih 1 jeruk nipis peras (jeniper) ukuran sedang atau 3 sdm, di segelas air hangat sekitar 300 ml (jangan kebalik).

2. Sarapan hanya buah-buahan segar, jangan dikasih gula, susu atau pemanis buatan apapun. Buah cepat kenyang tapi juga cepat lapar jadi makanlah buah secara berkala sampai 1/2 jam sebelum makan siang. Apabila sedang berada diluar ntah kerja atau apapun usahakan bawa bekal.


3. Dari jam 12.00 sudah bisa masuk makan siang, nah saat maksi kita bisa pilih padu padan Pati + sayuran atau Protein hewani + sayuran, yang penting diingat Pati/Carbo jangan digabung dengan Protein Hewani. 
Saya pribadi setelah tau bahwa tubuh tidak terlalu membutuhkan protein hewani, jadi tidak pernah bikin menu tsb kcuali ketika makan diluar atau ditraktir.
contoh gambar atas bisa juga dijadikan contoh. 

atas contoh menu FC beli di warung
bawah contoh menu bikin di rumah


4. Kudapan sore, ini tidak wajib tergantung masing-masing individu. menu kudapan ini juga harus disesuaikan dengan apa yang kita konsumsi ketika maksi.

kalau menu maksinya Pati + sayuran makan kudapannya bisa Pati, Protein Nabati, Buah atau Sayuran.

tetapi kalau maksinya Protein hewani + sayuran makan kudapannya harus sayuran saja, karena protein hewani lebih lama diserap tubuh sekitar 4 jam.

gambar atas contoh kudapan dari pati, singkong serut dikasih kelapa mentah + madu asli
gambar bawah contoh kudapan kacang merah + jus sayuran


5. Makan malam usahankan selesai sebelum jam 20.00 karena setelah jam tersebut tubuh memulai proses penyerapan jangan dibikin berat liver kita. menunya kurang lebih sama dengan maksi.
gambar atas contoh menu trancam tetep kelapanya mentah
gambar bawah contoh menu khas Banjar kuah santan kelapa tanpa dimasak jadi perah dg air hangat trus kasih sea salt masukkan parutan timun dan terong ungu bakar serta sambel.

6. Minum hanya air putih baik berkualitas #AirKangen saja, min 2.5 liter perhari


7. Olahraga ringan secukupnya
8. Jangan Begadang
9. Berbahagia slalu

Menu diatas hanya contoh, kalau belum terbiasa jangan kalap ngikutin, juga jangan makan yang itu-itu saja setiap harinya karena akan menumpuk satu unsur tertentu saja dalam tubuh dan itu tidak baik. kalo mau liat contoh-contoh menu FC bisa liat di FB ku Dea Edensor dalam album #FoodCombining.

Kesimpulannya, menu khas Indonesia itu kaya dan bisa kita padu padankan sepinter-pinternya kita aja.

No comments:

Post a Comment