Wednesday, May 16, 2018

Puasa Tetap Segar dan Menjadi Sehat dengan Food Combining


Marhaban Ya Ramadhan
Hai orang-orang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu, agar kamu bertaqwa. (Al-Baqarah 183)

3 elemen penting dari ayat tersebut, puasa terkait dengan iman dan taqwa serta ritual pendahulu.
Boleh dibilang puasa sebagai alat menguji keimanan dalam mencapai ketaqwaan.
Puasa itu hanya Allah SWT aja yang tahu pasti dan paham seseorang bener melakukan atau ga, juga puasa sejatinya bukan hanya sekedar menahan rasa haus dan lapar.

PUASA UNTUK KESEHATAN
Kita sudah tahu makna sesungguhnya tentang puasa dari sisi spiritual.

Sedangkan kebaikan puasa dari sisi kesehatan jika dilakukan benar, maka puasa itu membersihkan tubuh dan memperbaiki diri secara holistik.

Baik spiritual dan fisikal jadi menyehatkan diri.

Pelaku puasa dengan cara yang baik bercerita mereka menjadi lebih baik, daya tahan tubuh prima, penyakit yang menghantui kesehatan menghilang, berat badan ideal, dan terlihat awet muda.

Sayangnya ga semua memahami, umumnya orang puasa menyediakan makanan dan minuman jauh dari kebutuhan tubuh. Seakan balas dendam akibat kelaparan, sehingga kalap menyantap berbagai ragam hidangan, yang berakibat buruk pada tubuh. Dan juga berdampak pengeluaran belanja saat Ramadhan lebih tinggi daripada hari biasa. Bahkan di akhir Ramadhan dan lebaran IGD penuh dengan orang yang sakit.

Padahal teladan Rasulullah SAW mencontohkan dengan sangat sederhana, dalam menjalankan puasa.

PUASA ALA FOOD COMBINING
Bagi pelaku Food Combining, puasa ga hanya saat Ramadhan, puasa sunat di hari biasa kami telah dan sudah, serta tetap konsisten dengan juklak dan tatib FC.
Alhamdulillah, ibadah lancar dan kesehatan makin berkualitas.

Saya pribadi telah melakukan puasa ala Food Combining sejak 2013.

Saya  bukan pribadi yang lemah hanya karena puasa, tapi perubahan signifikan puasa zaman old ke zaman now sangat jauh berbeda.
Karena dulu tervonis berbagai macam penyakit, sehingga saat puasa akan timbul sensasi sakit.
Tapi semenjak puasa dengan juklak dan tatib FC, badan tetap enteng, tetap segar sampai waktu berbuka, ga ngantukan, mulut ga bau, ga ada perut perih dan sakit lagi.

Tahun 2013, awal belajar puasa dengan Food Combining itu saya sedang ada pelatihan kerja sekitar setengah bulan, disaat yang lain terlihat BT dan lelah, saya tetep fit. Pun ketika sudah kerja di lapangan, mau panas atau hujan, Alhamdulillah kondisi tubuh tetap segar. 😇😍💪💜

Pertama kali puasa dengan FC, saya langsung sahur dengan beraneka macam buah-buahan segar (baik dipotong-potong dan jus buatan sendiri) dan minum hanya air putih yang baik berkualitas. #AirKangen

Sahur itu ibaratnya sarapan kesubuhan, jadi tetap pegangan pada ritme sirkadian pembuangan/pembersihan, yang terbaik, ringan bagi sistem cerna dan merupakan kebutuhan tubuh secara kodrat adalah buah-buahan segar dan air putih yang baik berkualitas #AirKangen .

Waktu berbuka puasa juga mirip dengan sahur, berbuka dengan air kangen dan buah-buahan segar.
Karena tubuh yang telah melaparkan diri, yang secara efektif membersihkan organ sistem cerna dan selular, akan kacau balau proses detoksifikasi nya, kalau kalap makan minum yang berat ga sesuai kebutuhan tubuh.
Ingat lagilah tujuan utama puasa, jangan sampai kalap hanya memuaskan nafsu dan berakibat buruk pada tubuh.

JUKLAK DAN TATIB PUASA FC
Okeh, ini ritual saya ketika puasa, menggunakan wita.

Sahur :
03.30 : bangun tidur mulut masih kering siapkan air kangen hangat, kemudian perasin jeruk nipis, dan minum perlahan-lahan.
03.35 : minum air kangen sekitar 500ml

04.00 wita : sarapan/sahur buah-buahan segar, minimal 3 jenis berbeda dan warna warni, dengan syarat harus buah segar, berserat, berair, manis, matang sempurna (matang pohon, cakep banget), buah lokal adalah yang terbaik karena masa petik relatif sebentar, tidak sehat untuk buah duren, cempedak dan nangka.

04.45 : minum air kangen sekitar 500ml
05.00 : shalat subuh

Buka Puasa :
18.19 : minum 250ml air kangen, kemudian makan buah-buahan segar
18.25 : shalat maghrib
18.30 : makan malam (ex. nasi merah, tahu/tempe, sayuran segar, sambel)
19.15 : minum air kangen 250ml
19.30 : shalat Isya dan tarawih
21.00 : minum air kangen 500ml
22.00 : tidur

Ini hanya contoh, sesuaikan waktu di tempat masing-masing, tapi harus tetap berdasarkan ritme sirkadian.

Hari biasa saya memang meminimalisir protein hewani apalagi puasa, agar sistem cerna ga kerja berat, dan ibadah kitapun lancar.

Mengacu pada saran Prof. Hiromi Shinya berdasarkan observasi atas 370.000 usus manusia antar ras, menu makan yg dipenuhi oleh buah dan sayuran segar, biji-bijian dan hanya minum air putih yang baik berkualitas #AirKangen menciptakan organ cerna yang sehat.
Organ cerna yang sehat menghasilkan manusia yang sehat juga.

KENAPA AIR KANGEN?

Kekurangan air berkualitas berarti bencana bagi tubuh. Tidak hanya kekurangan gizi, kotoran & racun juga terakumulasi dalam sel dan tidak dapat diekskresikan. Racun yg terakumulasi akan merusak gen sel-sel tsb, dan menyebabkan sebagian sel berubah menjadi sel-sel kanker.

Gula, kopi, teh, alkohol, susu, dan zat-zat tambahan dalam minuman tsb merenggut cairan dari dalam sel-sel tubuh dan darah (dehidrasi)

Air yang baik yaitu jernih, bersih, bersifat basa, banyak mineral, berkekuatan reduksi besar yang tidak terpolusi oleh zat-zat kimia #KangenWater

Air yang terlalu lama dibiarkan dalam botol kemasan, secara perlahan kekuatan reduksinya akan berkurang.

Kangen Water diproduksi melewati metode proses listrik atau proses elektrolisis, sedemikian rupa hingga mineral terkumpul lebih banyak dan membentuk hidrogen aktif yg dapat menyingkirkan Radikal Bebas dari tubuh.

Sifat pembentuk basa kuat, membuat pH netral tubuh mudah dicapai dan kondisi homeostasis selalu terjaga.
Air yang dihasilkan bebas klorin dan berbagai zat kimia negatif.

Air Kangen dapat menetralisir radikal bebas dalam tubuh, membuat tubuh kita awet muda, diserap tubuh secara optimal dan secara dalam dapat menghidrasi sampai ke sel-sel tubuh.
Mengonsumsi Kangen Water saat ibadah puasa sangat menjaga kebutuhan air tubuh karena sifat molekulnya yang lebih kecil dari air biasa sehingga mudah menghidrasi sel


Dokter Hiromi Shinya pun merekomendasikan mesin kangen water.

Selamat berpuasa dan semoga bermanfaat 😇😍


#Ramadhan #Puasa #FoodCombining #FoodCombiningItuGampang #FoodCombiningBulanRamadhan

Inspirasi dari :
1. Buku Food Combining di Bulan Ramadhan by Erikar Lebang
2. Buku The Miracle of Enzim by Prof. Hiromi Shinya
3. Pengalaman pribadi dan para pelaku Food Combining

No comments:

Post a Comment