Sunday, January 3, 2016

Cara Tidak Mabok dalam Perjalanan




Ada sebagian orang termasuk saya "dulu" ketika melakukan perjalanan sering mengalami mabok. Jangankan perjalanan jauh dan lama, yang dekat aja mabok ckckck :p

Beneran ga enak deh, padahal salah satu hobi saya jalan-jalan dan juga tuntutan pekerjaan, jadi kurang menikmati deh.

Sebelum berefceh, apapun saran sekitar saya lakukan untuk mengatasi mabok perjalanan ini.

Dari minum obat anti mabok, tempel puser dg "koyo + lada, pake minyak angin, kerokan, ngunyah permen, konsumsi minuman bersoda, ngunyah singkong, dsb.

Berhasilkah? Terkadang berhasil banyakkan ga hehe.

Ada lagi saran dari teman & para sopir (survey ga sengaja) untuk belajar nyetir. Karena ternyata mereka dulu juga pemabok berat yg berhasil lolos.

Bener sih, ketika saya nyetir ga mabok karena fokus nyetir, tapi kalo ga nyetir yaa balik lagi. (masa harus pindah profesi jadi supir, ga keterima)

Saran lain dari salah satu sahabat saya yg berprofesi Dokter adalah untuk memilih tempat duduk di depan dan memfokuskan pandangan hanya ke depan. Karena guncangan kendaraan juga gerakan samping menyamping itu bisa membuat saya pusing yang berefek mual dan berakhir muntah.

Ini juga bener... tapi, ini hanya bisa berlaku ketika melakukan perjalanan dg keluarga, sahabat, teman maupun rekan kerja. Ga perlu saya minta, biasanya mereka langsung nyuruh saya duduk di depan...karena ketika saya mabok efeknya bukan hanya ke saya, tapi juga mengganggu sekitar. (disitu saya berasa sedih 😩 )


Dari sekian banyak perhatian dan saran tersebut, saya akhirnya mempunyai kesimpulan.

Saya sering mabok perjalanan ketika kondisi ga sehat karena kurang istirahat sebelum perjalanan tersebut.

Seringnya, malam sebelum perjalanan saya malah begadang, perut kosong ga sempet atau lupa ngisi dulu pas jalan, kecapean persiapan ga sempat rehat dulu.

Karenanya, ketika saya bener-bener "sehat" saya ga pernah mabok walau ga lakukan semua saran diatas"

Nah, ketika saya belajar #FoodCombining, semakin memahami ternyata masuk logika kesimpulan tersebut.

Ketika tubuh saya dalam kondisi stabil dan berpola makan sesuai juklak FC, mau perjalanan sejauh apapun dan berguncang bagaimanapun itu ga ngefek.

Tapi ketika tubuh saya ngedrop, juga keluar dari juklak FC maka mabok kembali menghampiri. (contoh perjalanan kemaren Jkt - Bdg yang macet sd sekitar 12 jam)

Bukan karena perjalanan jauh, tetapi efek guncangan dan gerakan yg bertubi-tubi, kecium berbagai macam bau-bauan, efek sekitar yg pada ngeluh, sedangkan perut kosong ga terisi dari siang sd malam.
Masih mending kemaren cuma sekali muntah, kalo dulu sebelum FC bisa berkali-kali tuh :p

Jadi,
Sebelum melakukan perjalanan :
> usahakan istirahat total,
> isi perut sesuai ritme sirkadian & harus sesuai juklak FC,
> isi pikiran dg hal-hal menyenangkan

Saat perjalanan :
> usahakan ga cheating,
> bawa bekal sesuai juklak FC, jangan kurang minum air putih,
> minum hahan air putih berkualitas,
> kalo bisa duduk di depan lumayan membantu,
> kalo jalan sendirian, isi pikiran dg hal-hal menyenangkan
> kalo aman dan bisa tidur, mending tidur,
> kalo jalan bareng-bareng, ngobrol berbagai hal yg seru dan bikin happy,
> kalo tetiba pusing, condongkan badan kedepan, kalo bisa posisi muka ketemu lutut ato posisi seperti sujud tapi perut nyentuh paha, kalo berkendaraan pribadi, mending stop dulu bentar nyari udara segar.

Ini hanya sepenggal pengalaman pribadi, kalo sesuai silakan dipake, kalo ga sesuai mending jangan ditiru :D

Selamat Hari Minggu semua.

#FoodCombiningItuGampang #MabokPerjalanan


No comments:

Post a Comment