Monday, July 20, 2015

Belajar Dari Kesalahan





Mau berbagi pengalaman dalam penanganan "sakit" nih...

Sering saya bilang setelah menjalani Food Combining, Alhamdulillah ga sakit lagi seperti "dulu". Sudah beberapa tahun ini ga pernah minum "obat-obatan" lagi.

Tapi, kalo cheating (konsumsi diluar juklak) biasanya alarm kecil tetap bunyi. Bisa berupa perut mules, pusing dan diare. Biasanya ini terjadi karna cheating yg ga direncanakan. Jadi ga sempat melimpahi tubuh dg pembentuk basa sebelumnya. Atau cheating kesurupan, hajar bleh :p.

Setelah dikasih pembentuk basa (jus sayur, salad sayur, sayuran seger deh pokoke), biasanya langsung enak aja. Ini konsep tubuh menyembuhkan sendiri sakitnya.

Setelah lupa gimana rasanya sakit, April kemaren ketika sedang di Hongkong, saya jatuh sakit yang bener-bener parah abis... dimulai dg muntah setelah jeniperan, badan demam tinggi, batuk, pusing, lemes... sakitttt bangetttt... (ga keren sakit kok di negeri orang, hiks)

Kok bisa?!
Padahal setiap hari belanja dan nyetok buah dan sayuran. Sarapan tetep buah-buahan seger.

Saya cek food diary selama 5 hari, dari KL, Hongkong, Shenzen, Macau dan balik lagi ke Hongkong.

Tubuh akhirnya teriak kencang akibat 4 hari cheating makanan junkfood dan telat makan, jam penyerapan bukannya tidur tapi masih makan dan begadang, kurang minum air putih dan ga berkualitas lagi airnya, juga karena tubuh diporsir terlalu berlebihan, trus perbedaan cuaca di 4 negara serta makin drop karna lagi menstruasi...

Walau sudah berusaha tetep sarapan buah dan kunyah sayuran segar di tiap maksi dan makmal tapi itu ga cukup akibat keteledoran diatas.

Ketika sakit kemaren, saya tetep bertahan ga minum obat. Akhirnya selama satu hari rehat total di apartement (rugi banget ke negeri orang cuma numpang tidur). Kencengin FC dan olah tubuh ringan serta ga begadang lagi.

Alhamdulillah, besoknya agak seger dan masih bisa menikmati Hongkong sebelum malamnya pulang ke Indonesia.

Ada yang komentar, susahkan kalo terlalu jaga makan, salah sedikit langsung sakit?

Ini komentar ga berdasar, bukan salah sedikit tapi memang salah banyak, karna sewaktu alarm kecil nyala saya ga terlalu respon karna "keasikan" dg perjalanan...

Seharusnya ketika saya sudah merasakan kaki sangat pegel dan mulai bersin, tubuh secepatnya diajak rehat dan dikasih konsumsi makanan pembentuk basa. Bukan dipaksa terus berjalan dan berjalan serta kekurangan asupan sehat, sehingga daya tahan tubuhpun menurun yang berakibat bagai magnet penyakitpun menyerang satu persatu.

Sampai akhirnya tubuh marah lalu menyalakan alarm dengan kencangnya.

Kebanyakan orang ketika dikasih sakit lalu nyari obat ini itu, karna dianggap cepat dalam penyembuhan. Padahal obat adalah racun buat tubuh, obat mematikan alarm tubuh sebagai pengingat ketika "penjahat" tubuh menggerogoti fungsi tubuh...

Kalo melihat sepintas pengobatan dianggap cepat, iya keliatan cepat sembuh tapi habis itu sakit lagi obati lagi, begitu seterusnya sampai nambah berbagai macam penyakit.

Kesehatan konvensional lebih mengajarkan kuratif bukan preventif maupun perawatan, ga dikenal konsep tubuh itu sembuh karena kemampuannya sendiri menyembuhkan.

Tubuh yang sudah terbiasa dirawat dengan baik, ga begitu mudah sakit, ketika sakitpun akan mudah sembuh tanpa "obat-obatan"

No comments:

Post a Comment