Tuesday, September 15, 2015

Menopause, Anti Penuaan & Pola Hidup Sehat




Memenuhi beberapa permintaan untuk menulis tentang Menopause, bukan ahlinya, tapi saya coba paparkan sedikit dengan mengaitkan perihal "Anti Penuaan" juga pola hidup sehat tentunya sesuai tujuan utama grup ini (sehat berkualitas).

Dari buku Prof. Dr. Hiromi Shinya :
Menurut beliau, penyebab "anti penuaan" menjadi tren seperti sekarang, adalah bertambah banyaknya orang-orang yang gelisah dengan kecepatan penuaan yang tidak sesuai usia sesungguhnya.
Terutama saat dirinya mulai merasakan fisiknya melemah, orang akan mati-matian berusaha menghentikan "penuaan".

Macam-macam metode dilakukan, terutama banyak metode berbahaya dan tidak dianjurkan beliau, dari chemical peeling yang sebenarnya merusak fungsi penjaga kulit yang penting, dan malah berisiko mengundang masalah kulit yang lebih parah.

Satu lagi yang dianjurkan untuk dihindari, yaitu metode menyuntikkan hormon pertumbuhan manusia.

Hormon pertumbuhan merupakan hormon penting yang berhubungan dengan pembentukan tulang dan otot, metabolisme, dsb. Sejak usia dewasa, jumlah yang dihasilkan mulai berkurang. Hormon ini banyak dihasilkan pada usia belasan, pada usia 40an turun sekitar separuhnya, dan pada usia 80an berkurang hingga sekitar 1/20 masa puncaknya.

Penurunan hormon pertumbuhan membawa fenomena penuaan bagi tubuh. Kulit kendur, kemampuan fisik yang melemah, tumbuhnya uban, dan menurunnya seksualitas; semuanya datang dari berkurangnya hormon pertumbuhan.

Menyuntikkan hormon pertumbuhan untuk menghambat penuaan, justru mempercepat penuaan dalam tingkat sel.
Memang memasukkan hormon pertumbuhan dengan sengaja berarti membuat lingkungan yang serupa dengan masa pertumbuhan didalam tubuh. Tetapi tolong diingat bahwa pertumbuhan yang aktif sama dengan terburu-buru menuju proses penuaan.
Kekhawatiran terbesar yaitu menentang hukum alam.

Jika anda sungguh-sungguh menjalankan kehidupan yang sehat, tidak perlu repot-repot memperhatikan cara-cara anti penuaan. Karena metabolisme tubuh kita sesuai dengan ketentuan alam, kita tidak perlu melawan "penuaan".

Menopause juga termasuk "penuaan", dalam arti proses yang alami sesuai kodrat perempuan. Makhluk hidup telah diberikan "panjang usia yang alami", dan tubuh makhluk hidup berubah dengan kecepatan yang paling sesuai agar bisa hidup selama itu. Artinya, "penuaan" juga proses yang perlu untuk hidup maksimal memenuhi panjang usia itu.

Menopause secara klinis didefinisikan sebagai waktu dimana seorang perempuan tidak mengalami menstruasi lagi.
Dalam literatur populer, istilah ini digunakan untuk menyebut 5 tahun sebelum menstruasi berhenti (menopause).

Menopause terjadi karena hormon estrogen dan progesteron tidak lagi diproduksi, sehingga indung telur tidak lagi melepaskan sel telur.

Akibatnya, wanita tidak memiliki sel telur yang bisa dibuahi oleh sperma dan tidak memiliki dinding rahim yang akan luruh menjadi darah menstruasi. Jadi perempuan yang sudah menopause tidak bisa hamil lagi.

Usia menopause pada perempuan berkisar antara 40 - 50 tahun. Tetapi masing-masing orang tidak selalu sama. Hal ini tergantung kesehatan, gizi maupun "keturunan".

Banyak perempuan yang sudah menopause menghindari HUS. Hal ini disebabkan mukosa atau lapisan lendir yang melapisi vagina sudah menipis sehingga pada saat HUS mudah lecet dan menimbulkan rasa nyeri.
Menipisnya mukosa karena hormon estrogen sudah tidak diproduksi lagi. Tetapi rasa nyeri dapat dikurangi dengan memakai pelicin yang berbahan dasar air.

Ada macam-macam penyebab penuaan yang lebih cepat daripada usia sebenarnya. Seperti makanan, air, gaya hidup, hal-hal spiritual, dsb. Konsumsi protein hewani berlebihan, merokok, alkohol, stres, radikal bebas, zat aditif makanan & zat kimia pertanian, dll.

Kebiasaan buruk lainnya, Olahraga yang terlalu keras akan menguras enzim, dan malah menjadi racun bagi tubuh. Konsumsi jenis makanan/minuman yang sama setiap hari dan terus menerus. Terobsesi menerapkan satu hal saja, sebaik apapun itu, malah akan menyebabkan rusaknya keseimbangan secara keseluruhan.

Konsumsi berlebihan dan ketimpangan pada satu hal saja, sama buruknya dengan kekurangan hal yang diperlukan.

Untuk hidup sehat dan panjang umur adalah menerapkan secukupnya hal-hal yang baik untuk tubuh dan sesuai dengan hukum alam sambil memikirkan keseimbangan tubuh anda.

Hidup sehat merupakan metode anti penuaan paling sempurna. Tujuh Kunci Hidup Sehat Dokter Shinya :

1. Menu makanan yang baik
2. Air yang baik
3. Pembuangan yang teratur
4. Pernapasan yang baik
5. Olahraga secukupnya
6. Istirahat dan tidur yang cukup
7. Tertawa dan perasaan bahagia

Jadi, bagi yang telah memasuki usia 40 tahun dst, tidak perlu khawatir dengan semua proses yang akan terjadi, nikmati dengan slalu berpikir positif agar energi bertambah untuk kebahagiaan diri.
Apalagi yang telah mengenal FC, tinggal  disiplin dan konsisten melakukannya, Insya Allah gejala-gejala  pra menopause tidak akan menakutkan seperti mitos yang beredar. Malahan ketika memasuki usia 40an, seseorang telah sampai pada usia dewasa dimana seharusnya semakin bijaksana karena ditempa pengalaman & wawasan yang lebih banyak dan berwarna.

Salam sehat dan smoga bermanfaat buat yang membutuhkan

#FoodCombining #FoodCombiningItuGampang #AntiPenuaan #Menopause #GayaHidup

Dikutip dari buku Terapi Enzim, Hiromi Shinya, MD dan Modul Kesehatan Reproduksi Perkumpulan Keluarga Berencana Indonesia (PKBI) Pusat

Gambar diambil dari berbagai sumber

No comments:

Post a Comment