Sunday, January 18, 2015

Bukit Lintang yang Lumayan Menantang


Satu lagi nih tujuan ngetrip yang lumayan baru aku tau yaitu #BukitLintang. Dari yang aku dengar dan baca di internet, perjalanannya lumayan berat jadi harus persiapan fisik nih.
narsis dulu sebelum mendaki #BukitLintang

Akhirnya Sabtu, 17 Januari 2015 aku memutuskan pergi kesana bareng 2 ponakanku yang lagi suka ngetrip juga.

Persiapan fisik sehat, bawa makanan dan minuman kalo-kalo ga ada yang jualan disana, pake sendal gunung dan baju kaos nyerap keringat dan alamat yang awalnya berasal dari internet.
ini kaki Bukit Lintang dengan latar bukit sekitarnya

Kita hanya bisa berencana tapi Allah yang nentukan, pas hari berangkat ternyata hujan cuma 2 ponakanku ini pada nekat karena sudah terjadwal sih juga ntar penasaran kalo batal, ya sudah cuss…

Sempet terpisah dijalan, tetapi karena hal tersebut ponakanku telpon temennya yang pernah ke #BukitLintang ternyata alamat yang kami dapat di Internet beda dengan yang diberi temannya. Kata temennya yang di internet itu salah dan susah jalannya, kalo yang alamat dari temannya ini agak lumayanlah… untuk memastikan kami tanya lagi penduduk dipinggir jalan sebelum Gunung Kayangan sambil ceritanya beli Bensin, ternyata bener alamat yang dari temen ponakanku. Cuma tuh penduduk nanya ngapain kami kesana? Sudah kami bilang mau liat #BukitLintang mereka tetep bingung dan tanya buat apa… hiks hiks hiks… udik banget orang kota ga pernah liat bukit :p

Okeh, jadi dari Banjarmasin kita jalan sampai sebelum tugu selamat datang Pelaihari/sebelum Gunung Kayangan, nanti di sebelah kiri jalan ada plang jalan Telaga Biru nah masuk kedalam ya sekitar 13 km lah… 6 km jalan masih aspal, sisanya masih bebatuan tapi layak jalan kalo nurutku. Nanti akan ketemu simpang 3 belok kiri, nah kita akan memasuki perkebunan kelapa sawit miliknya Inhutani. View sepanjang jalan menuju #BulitLintang dipenuhi perbukitan, sayang karena hujan aku ga terlalu bisa buka helm untuk menikmatinya.

Nanti di dalam akan ketemu semacam tempat kayak parkiran punyanya perusahaan setempat, nah jalan aja terus sampai ketemu semacam pos trus belok kiri, blom ada plang nama, ati-ati kesasar kayak kami… etapi walau kesasar kita tetep bisa melihat view yang menawan. Setelah masuk kedalam kita akan ketemu plang bertuliskan #GunungLintang jadi nanya dalam hati sebenarnya Bukit ato gunung sih? Ya sudahlah yang penting ada Lintangnya hee… nah jalan pelan aja ntar ketemu jalan disebelah kiri yang lumayan “rusak”. Karena cuaca hujan jalannya jadi becek, licin dan penuh kubangan air, jadi hati-hati bawa motornya ya. Sampai akhirnya ketemu satu gubuk orang jualan dan juga nyediain tempat parkir dan tempat sampah.

Gubuk itu milik bapak Musa namanya, beliau dan istri jualan dan jaga parkir disana. Jadi buat kalian yang mau kesana nanya jalan ato cuaca bisa hubungi beliau, sudah aku tanyain kok orangnya bersedia bahkan untuk ngejemput juga, ne no hp nya 081348508787.

Sebenarnya kalo cuaca ga hujan jalannya sih menurutku ga serem, jadi kalo mau kesana mending cuaca panas aja deh. Juga viewnya agak burem gimana gitu ketika dipoto, tapi kalo liat secara langsung tetep sangat mengagumkan.
narsis bareng ponakan sebelum lanjut mendaki

Setelah rehat bentar dan sarapan dulu akhirnya kamipun mulai mendaki #BukitLintang ato #GunungLintang walau gerimis, karena ditunggu juga ga bakal panas. Pak Musa ngasih aku tongkat buat naik (makasih ya pak), beliau juga cerita disana sebagian jalan yang nanjak sudah dikasih tali buat mendaki, juga ada semacam tangga dari tanah buat undakan. Kata beliau tinggi #BukitLintang sekitar 305 m menurut orang-orang yang pernah ngukur (katanya), cuma karena nanjak perjalanannya bisa lama buat yang blom terbiasa apalagi sedang hujan kondisi jalan jadi becek dan licin. Kata pak Musa dan sebagian pengunjung ada beberapa orang yang terpeleset di tanjakan yang tajam jadi kami diminta hati-hati, kalo mau sampai puncak kami akan melewati 11 tanjakan. Etapi katanya mereka juga kalo cuaca panas malah ada yang pingsan dijalan ketika mendaki.. Okeh…
ini Bukit yang berhadapan dg Bukit Lintang

Pake jaket dan jas hujan kalo perlu, dan bener aja jalannya becek dan licin tetapi karena view nya cakep banget kami cuek aja dan terus jalan naik. Setiap tanjakan dan liat view bagus kami berhenti untuk poto-poto dulu donk hahahaha…
ini bukan nangis tapi ngusah basah dimuka ntah keringat ato air hujan

Subhanallah, setiap saat mulutku bergumam… walau muka basah ntah karena keringat ato ujan.. bekas-bekas orang berkemah keliatan tapi sayang masih ada aja yang buang sampah sembarangan padahal di bawah sudah disediain tempatnya. Kenapa sih ga bisa bersih, buang dululah sampah tersebut dalam kresek dan bawa kebawah, gitu aja kok repot… ngerusak mood aq ajah…
tangan kanan pegang tongkat tangan kiri pegang tali, cara mendakiku yang ribet ;p

Akhirnya sampai puncak #BukitLintang sekitar 45’ (banyak berhenti buat poto-poto) yang tadinya gerimis mulai jadi agak deras, kamipun berpoto sepuas-puasnya (ponakanku sih yang puas poto, aku ga). Cuma berselang beberapa menit kabut mulai menyelimuti puncak, ponakanku sudah minta turun tapi aku masih pengen makan dulu bentar karena rugi kalo ga merasakan makan di puncak #BukitLintang. Setelah semua view tertutup kabut  akhirnya kamipun turun, khawatir juga kalo tetiba petir menyambar kan ga lucu.
kelakuan ponakanku ketika di Puncak #BukitLintang

Ternyata jalan turun lebih nyusahin dari naik, mungkin karena ujannya makin deras dan salah satu ponakanku pun terpeleset padahal sudah megang tali. Aq sih ga liat cuma dia cerita setelah nyampei dibawah, lucu juga sudah pegang tali kok bisa kepleset... oiya, ponakanku yang satu ini ga pake sandal/sepatu gunung jadi memang berpengaruh.
Oiya, kata pak Musa ada semacam air terjun disana, jadi buat yang mau kemah disana lumayanlah ada tempat mandi. Met ngetrip J

Note : bagi yang blom terbiasa  mendaki

Kalo mau kesini mending jangan pas hujan kcuali memang pengen uji nyali. Siapkan fisik dalam kondisi sehat ntar ga lucu ketika sampai sana dan pulang jadi sakit. Minum hanya air putih agar ga dehidrasi, kalo ada perlengkapan naik gunung lebih baik semisal pake sandal/sepatu gunung. Kalo cape disetiap tanjakan mending berhenti dulu bentar rehat dan poto-poto sepuasnya. Mending pake motor daripada mobil kasian ntar mobilnya kcuali mobil yang biasa jalan tempat seperti itu. Periksa motornya sebelum ngtrip kalo perlu service dulu ntar lucu kalo mogok dan ban pecah dijalan karna susah nyari bengkel. Terakhir jangan buang sampah sembarangan, jangan berpikir dan melihat orang lain nyampah trus kita juga ikutan nyampah sembarangan. 

No comments:

Post a Comment